Warna Pengetahuan

Thursday, April 16, 2020

Atom Unsur molekul dan senyawa

Atom Unsur molekul dan senyawa



Hmmm istilah-istilah di atas tentunya tak asing lagi di dengar, namun masih banyak lho kalau di tanya apa pengertiannya?, apa perbedaannya? banyak yang bingung alias nggak bisa jawab😆


Baiklah, sekarang kita belajar bersama-sama ya, maaf ya jika ada yang salah atau kurang pas, nanti  bisa ditanya sama guru dan dosennya ya😊




Atom

Atom berasal dari bahasa yunani "Atomos" yang artinya tidak dapat dibagi bagi lagi. Atom merupakan partikel penyusun materi yang terkecil. Atom adalah satuan terkecil dari suatu materi yang terdiri dari inti, yang biasanya mengandung proton (muatan positif), elektron, dan neutron (muatan negatif). Atau ada juga yang mengartikan suatu partikel terkecil dalam suatu zat.

Molekul (molecule)
Molekul adalah gabungan dari beberapa  atom unsur, bisa dua atau lebih.
1. Molekul unsur
    Gabungan dari dua atom unsur yang sama           jenisnya  contohnya H2O (air) , CO2 (karbondioksida)
2. Molekul senyawa
    Gabungan dari dua atom unsur yang       berbeda jenisnya contohnya H2O dan CO2

Unsur
Sekelompok atom yang memiliki jumlah proton yang sama pada intinya. Jumlah ini disebut sebagai nomor atom unsur.

Berdasarkan sifatnya unsur digolongkan menjadi dua jenis yaitu:

  1. Unsur logam, unsur logam adalah unsur yang memiliki ciri ciri khusus seperti berwujud padat, dapat menghantarkan arus listrik, mempunyai titik didik dan dapat di tempah. Contoh unsur logam yaitu kalium, tembaga, perak, besi dan aluminium
  2. Unsur non logam, unsur nonlogam adalah unsur yang memiliki ciri ciri khusus seperti berwujud ladat, cair dan gas, memiliki titik didih/leleh rendah, tidak dapat ,menghantarkan arus listrik dan mudah di bentuk. Contohnya karbon, nitrogen, oksigen,dan hidrogen.


Senyawa
Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri atas beberapa unsur yang saling kait mengait. Senyawa merupakan suatu zat tunggal yang dapat disedehanakan menjadi dua unsur atau lebih melelui proses reaksi kimia.
Senyawa digolongkan menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Senyawa organik, senyawa yang komponen penyususnnya terdiri atas unsur karbon sebagai rangkaian utamanya. Contoh gula (C6H12O6), asam asetat (CH3COOH), dan lain-lain
  2. Senyawa anorganik, senyawa yang komponen penyusunnya tidak terdiri dari unsur karbon sebagai rangakaian utamanya. Contoh senyawa anorganik adalah asam klorida (HCl), natrium klorida (NaCl), asam sulfat (H2SO4) dan lain lain.

Perbedaan atom, unsur, molekul dan senyawa

  1. Atom merupakan suatu partikel terkecil atau suatu zat. Contohnya : proton, neutron, elektron dan isotop
  2. Unsur merupakan suatu zat tunggal yang tidak dapat disederhanakan lagi dengan menggunakan reaksi kimia biasa. Contohnya unsur tembaga (Cu), emas (Au) dan perak (Ag)
  3. Molekul merupakan gabungan dari beberapa atom ( dua atom atau lebih) yang saling berkaitan. Contohnha belerang (S8:molekul unsur)
  4. Senyawa merupakan gabungan dari beberapa unsur. Contohnya adalah karbondioksida (CO2), air (H2O), dan lain lain
Baca Juga Disini

No comments:

Post a Comment

Featured Post

15 Tanaman Obat Yang Biasa Dijumpai Di Sekitar Rumah