Warna Pengetahuan

Tuesday, April 28, 2020

Mengenal 10 Simbol Bahan Kimia

Mengenal 10 Simbol Bahan Kimia

Dalam menggunakan bahan kimia kita harus terlebih dahulu mengenal simbol bahan kimia, agar berguna untuk keamanan dasar sebelum kita menggunakan bahan kimia tersebut. Mengapa penting bagi keamanan kita? Karena ada beberapa bahan kimia yang memiliki sifat keras atau berbahaya. Dengan mengetahui simbol bahan kimia tersebut maka kita dapat meminimalisir bahaya bahan kimia tersebut.

Berikut 10 simbol bahan kimia dan penjelasannya:

1. Bahan kimia mudah terbakar (flammable A)
Flammable A

Flammable A merupakan bahan kimia yang mudah bereaksi dengan oksigen, sehingga sangat mudah menimbulkan kebakaran dengan reaksi kebakaran yang sangat cepat dan juga dapat menimbulkan kebakaran. Contohnya: fosfor putih, asetilen, eter, alkohol, aseton, benzen, logam natrium dan CaC2.

2. Bahan kimia mudah meledak (explosive)

explosive
Eksplosive merupakan sebuah jenis zat padat atau cair atau campuran dari keduanya. Karena dari reaksi tersebut dapat menghasilkan gas dengan jumlah dan tekanan yang sangat besar serta suhu yang tinggi sehingga dapat menimbulkan ledakan yang dapat merusak lingkungan di sekitarnya. Contohnya: dinamit, 2-4-dinitrotoulena, 2-4-6-trinitrotoulena dan dibenzolperoksida.

3. Bahan kimia beracun (toxic)

toxic

Simbol bahan kimia diatasi menunjukan bahwa bahan kimia tersebut mengandung racun yang artinya jika terhirup atau tertelan  maka dapat aka menyebabkab kesehatan manusia terganggu atau dapat menyebabkan kematian.
Contohnya: merkuri klorida (MgCl), kalium sianida(KCN), metanol (CH3OH) ,Arsen triklorida dan hidrogen sulfida.

4. Bahan kimia korosif

Simbol bahan kimia korosif merupakan simbol yang menunjukkan bahwa bahan kimia tersebut adalah bahan reaksi kimia yang dapat mengakibatkan kerusakan pada benda-benda lain. Contohnya: amonium hidroksida, asam nitrat (HNO3), kalium hidroksida (KOH), fenolik, klor, asam klorida (HCl), asam sulfat (H2SO4), natrium hidroksida (NaOH), asam asetat (CH3COOH), dan asam sitrat


5. Bahan Kimia Karsinogenik
Karsinogenik

Karsinogenik adalah bahan kimia yang menunjukkan paparan jangka pendek, menengah, panjang, atau berulang dari bahan ini disebabkan Karsinogenik, teratogenik, mutagenik, toksisitas  sistematik terhadap organ spesifik atau terhadap reproduksi, dan gangguan saluran pernapasan. contohnya benzen, vinyl klorida, naftilamin, asbestos, dan senyawa nikel


6. Bahan kimia berbahaya untuk lingkungan ( dengerous of nvironment)

dengerous of nvironment

Bahan kimia tersebut dapat merusak atau menyebabkan kematian ikan atau organisme akuatik lainnya. Selain itu bahan tersebut juga dapat merusak lapisan ozon. Contohnya : klorofluorokarbon(CFC), tetraklorometanon, tributil timah klorida, dan petroleum benzen.

7. Bahan kimia iritasi ( irritant)
irritant

Irritant adalah bahan padatan atau cairan jika kontak langsung secara terus menerus dengan kulit atau selaput lendir dapat menyebabkan iritasi atau peradangan.  Contohnya: 
Amonia, benzyl klorida kalsium klorida, asam dan basa encer.

8. Bahan kimia berbahaya (harmfull)
harmful

Harmfull untuk (padatan, cairan dan gas) yang jika kontak langsung /inhalasi/ oral dapat menyebabkan bahaya terhadap kesehatan pada tingkat tertentu. Contohnya: pirydin, dikkorometan dan etilen glikol.


9. Bahan kimia bertekanan (compressed gases)
compressed gases

Compressed gases merupakan gas yang ditekan misal gas cair atau gas yang dilarutkan dalam pelarut dibawah tekanan itu sendiri. Contohnya: gas yang terdapat pada jalur perpipahan.

10. Bahan kimia oksidatif (oxidation) 
oxidation

Oxidation adalah bahan kimia yang tidak mudah terbakar, namun tetap bisa menghasilkan oksigen. Sehingga kemungkinan kecil juga dapat menyebabkan kebakaran. Contohnya: hidrogen peroksida, kalium klorat, ammonium nitrat, kalium permanganat dan asam nitrat

Demikian 10 simbol bahan kimia dan penjelasannya. Semoga dapat menambah wawasan sobat warna pengetahuan sekalian. Terimakasih



No comments:

Post a Comment

Featured Post

15 Tanaman Obat Yang Biasa Dijumpai Di Sekitar Rumah