Warna Pengetahuan

Tuesday, May 19, 2020

Materi Larutan Kimia berdasarkan Konsentrasi dan Kejenuhan

Materi Larutan Kimia berdasarkan Konsentrasi dan Kejenuhan


Larutan

Larutan adalah campuran homogen yang komponennya terdiri dari pelarut (solven) dan zat terlarut (solute).

Berdasarkan konsentrasinya

1.   Larutan Pekat (Konsentrasi Tinggi)
Larutan pekat yaitu larutan yang mengandung lebih banyak zat terlarut (solute) dari pada pelarutnya (solven) atau jika lzat terlarutnya banyak maka larutan yang dibentuk memiliki konsentrasi tinggi. Biasanya di dalam laboratorium kimia larutan pekat berupa asam atau  basa dan dalam penggunaannya larutan akan diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Misalnya larutan H2SO4  96 % dan HCl 36 %

2.   Larutan Encer
Larutan enver yaitu larutan yang mengandung lebih sedikit zat terlarut (solute) daripada pelarutnya (solven) atau jika zat relarutnya sedikit larutan tersebut memiliki konsentrasi rendah. Contohnya larutan NaCl 0,85 %.

Berdasarkan daya hantar listrik

1.   Larutan elektrolit
Larutan elektrolit adalah suatu zat jika dilarutkan dalam air menghasilkan larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Senyawa ionik dan kovalen biasanya bersifat elektrolit. Larutan elektrolit dibedakan menjadi dua jenis yaitu larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah, perbedaan utama larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah yaitu daya hantarnya ketika konsentrasi kedua jenis elektrolit sama. Berikut penjelasan tentang elektrolit kuat dan elektroli lemah:

a.    Elektrolit kuat
Larutan yang semua molekul-molekulnya terurai menjadi ion-ion (terionisasi sempurna) sehingga daya hanytarnya kuat. Elektrolit kuat mempunyai daya hantar listrik  yang relatif tinggi walaupun konsentrasinya relatif kecil. Dalam kehidupan sehari-hari contoh larutan elektrolit kuat yaitu H2SO4 (asam sulfat) yang terdapat didalam Aki (Akumulator). Aki adalah sumber arus listrik yang dapat diisi ulang dan merupakan kompenen penting dalam kendaraan bermotor. Sebagai sel elektrokimia akim terdiri dari komponen elektroda dan larutan elektrolit. Larutan elektrolit biasanya asam kuat dan basa kuat. Contoh larutan elektrolit yaitu: HCl, NaOH, KBr, Ba(OH)2, CuCl2
b.   Elektrolit lemah
Larutan yang tidak semua molekul-molekulnya terurai menjadi ion-ion sehingga larutan ini dalam menghantarkan arus listrik lemah. Contoh eletrolit lemah adalah asam lemah dan basa lemah yaitu: NH3, CH3COOH, H2C2O4.

Gambar contoh elektrolit kuat dan lemah
Berdasarkan materi diatas dapat disimpulkan perbedaan dari elektrolit kuat dan elektrolit lemah yang terangkum dalam gambar berikut:




Berdasarkan tingkat kejenuhannya

1.   Larutan jenuh
Larutan jenuh yaitu suatu larutan dimana zat terlarut berada dalam kesetimbangan dengan fase padat atau larutan yang partikel-partikelnya tepat habis bereaksi dengan pereaksi. Larutan jenuh terjadi apabila hasil konsentrasi ion = ksp bearti larutan tersebut tepat jenuh.
Contoh Larutan jenuh
Larutan gula,dimana air teh adalah pelarut dan gula sebagai zat terlarut (solute), ketika mencampur kan zat terlarut (gula) kedalam pelarut (air teh) maka cairan keruh kemudian zat terlarut akan mengendap dibagian gelas sampai zat terlarut larut. Ini menghasilkan larutan jenuh karena air teh (pelarut) tidak bisa melarutkan lagi gula (zat terlarut).

2.   Larutan tak jenuh
Larutan yang mengandung konsentrasi  solute (zat terlarut) kurang dari konsentrasi  yang diperlukan untuk membuat larutan jenuh. Atau larutan yang partikel-partikelnya tidak tepat habis bereaksi dengan pereaksi (masih melarutkan zat). Larutan jenuh terjadi apabila hasil kali konsentrasi ion < Ksp bearti larutan tidak jenuh (larutan masih dapat larut).
3.   Larutan lewat jenuh
Larutan yang mengandung lebih banyak solute daripada yang diperlukan untuk membuat larutan jenuh. Atau larutan yang tidak dapat lagi melarutkan zat terlasrut sehingga terjadi endapan. Larutan lewat jenuh terjadi apabila hasil kali konsentrasi ion > Ksp bearti larutan lewat jenuh (mengendap)

Materi dan Kumpulan Soal Kimia



























No comments:

Post a Comment

Featured Post

15 Tanaman Obat Yang Biasa Dijumpai Di Sekitar Rumah