Warna Pengetahuan

Thursday, April 16, 2020

Mengenal apa itu kimia

Mengenal Apa itu KIMIA


Apa itu KIMIA?

Kita sering mendengar kata kimia, sehingga tidak asing lagi didengar oleh telingga. Ketika mendengar kata kimia banyak hal yang terbayangkan oleh pikiran kita misalnya tentang gambar seorang ilmuan di laboratorium yang melakukan eksperimen dengan mencampurkan cairan-cairan menggunakan tabung reaksi disertai zat-zat warna  atau asap yang dihasilkan.

Namun tahukah anda? Ilmu kimia dikenal sebagai ilmu sentral karena mencakup semua ilmu alam lainnya, seperti biologi, fisika, nanoteknologi, farmasi, geologi , kedokteran dan lain lain.

Ilmu kimia, berasal dari bahasa Arab yaitu Al-Kimia yang berarti perubahan materi. Al- kimia ditemukan oleh ilmuan Arab yang bernama Jabir bin Hayyan pada 700-778 M. 

Kimia adalah cabang ilmu sains yang mempelajari materi, sifat, karakteristik dan perubahan yang disebabkan karena interaksi dengan benda lain atau reaksi kimia.

Cabang ilmu KIMIA
Sebagai ilmu yang dikenal sebagai lmu sentral ‘kimia’ memiliki hubungan dengan berbagai ilmu lain. Maka ilmu kimia juga memiliki berbagai cabang,  pada umumnya ilmu kimia memiliki lima cabang sebagai berikut :

Kimia Analitik
Kimia Analitik merupakan cabang dalam kimia yang mendalami masalah analisis suatu sampel. Sampel yang dianalisa menggunakan metode kualitatif (kualitas) dan kuantitatif (angka) perhitungan menggunakan persamaan dan rumus-rumus kimia. Sub cabang kimia analtik salah satunya adalah spektroskopi

Kimia Fisik
Kimia Fisik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari sifat fisik dari suatu molekul. Kimia fisik menjelaskan tentang pengaruh struktur kimia suatu molekul berpengaruh terhadap sifat fisiknya. Sub cabang kimia fisik: termodinamika, kinetika kimia, elektrokimia dan sebagainya

Kimia Organik
Kimia Organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari zat-zat, senyawa organik yang terdapat di alam. Sub cabang kimia organik: kimia bahan alam, sintesis organik dan lain-lain. 

Kimia Anorganik 
Kimia Anorganik adalah cabang ilmu kimia yang membahas tentang senyawa-senyawa anorganik.  Sub cabang kimia anorganik : kimia katalis, kimia kompleks, kimia  organologam dan lain sebagainya.

Biokimia
Biokimia adalah cabang kimia yang erat kaitannya dengan ilmu biologi, ilmu ini mempelajari zat-zat kimia, reaksi kimia, dan interaksi zat-zat yang tersapat di dalam makhluk hidup

Contoh zat Kimia
Zat kimia atau zat murni merupakan sebuah bahan yang mengandung kimia. Contoh zat kimia yang paling mudah ditemukan yaitu emas, gula, garam dan air murni.

Manfaat ilmu KIMIA
Ilmu kimia memiliki banyak manfaat di bidang ilmu-ilmu yang lain diantaranya adalah sebagai berikut:

Bidang Biologi
Proses kimia yang berlangsung dalam makhluk hidup meliputi, pencernaan makanan, pernapasan,metabolisme, fermentasi, fotosintesis, dan lain sebagainya. Untuk mempelajari hal tersebut diperlukan pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa yang ada seperti protein, lemak, vitamin, karbohidrat, asam nukleat dan enzim

Bidang Pertanian
Pupuk dan pestisida merupakan produk dari ilmu kimia, pupuk digunakan untuk kesuburan tanah sedangkan pestisida digunakan untuk mengatasi hama.

Bidang Kedokteran
Untuk membantu penyembuhannpasien yang mengidap suatu penyakit digunakan obat-obat yang dibuat berdasarkan hasil riset terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat yang dilakukan dalam cabang kimia farmasi.

Bidang Geologi
Geologi berkaitan dengan penelitian batu-batuan dan pertambangan gas dan minyak bumi.

Bidang Teknik Sipil
Bahan-bahan yang digunakan dalam bidang ini adalah semen, cat, kayu, paku, besi, paralon (PVC), lem dan lain-lain. Semua itu dihasilkan melalui riset berdasarkan ilmu kimia.


Nah itulah seputar pengetahuan tentang ‘mengenal apa itu kimia' semoga bermanfaat bagi teman-teman semua ya. Terimakasih ^_^

No comments:

Post a Comment

Featured Post

15 Tanaman Obat Yang Biasa Dijumpai Di Sekitar Rumah